Portal Home > Knowledgebase > General > Webhosting Glossary


Webhosting Glossary




Dibawah ini adalah beberapa istilah yang sering muncul dan mempunyai arti yang khusus dalam dunia webhosting.
Silahkan disimak :

Bandwidth
Bandwidth disini bukan lah seperti banwidth yang anda biasa ingat sebagai kekuatan koneksi internet anda, akan tetapi banwidth disini diartikan sebagai pengukuran kapasitas data transfer pada hosting maupun website anda. Banwidth ini umumnya perbulan dan akan tereset / kembali menjadi kosong pada awal bulan.

CGI-bin
CGI bin (Common Gateway Interface) adalah sebuat direktori yang ditemukan pada web server dan mempunyai fungsi yang mengijinkan bagi anda untuk me run file .cgi and .pl (perl). File atau scripts CGI biasanya dibutuhkan seperti contoh yang kami paparkan berikut : website counters yang memperlihatkan jumlah pengakses website anda saat ini, guestbooks yang biasa juga disebut sebagai buku tamu, response forms, dan databases.

CHMOD
CHMOD adalah setting permission untuk sebuah file maupun folder. Script maupun files, folder bisa diubah permissionnya dengan menggunakan chmod, sehingga file / folder tersebut bisa ditulis, dibaca, maupun di execute dengan privilege berbeda beda dan bisa di setting secara group. CHMOD ini bisa bervariasi hasilnya bergantung dari yang melakukan perubahan permission. normalnya, permission ada 3 macam, read write dan execute ( rwx )

cPanel
cPanel adalah sebuah control panel web-based yang di desain sedemikian rupa untuk membantu anda sebagai administrator web dan berfungsi juga untuk mengontrol semua fungsi yang berhubungan dengan webhosting maupun e-mail anda, baik ftp, park domain, maupun addon domain untuk pointing.

Domain Name
Domain adalah sebuah nama yang berupa kumpulan dari alphanumeric characters yang di ikuti dengan extension / akhiran .com, .net, .org, .info, dan lain lain. Domain ini dibagi menjadi dua bagian, yakni :
1. TLD = Top Level Domain , yang bisa disebut dengan domain internasional pada umumnya , contoh : .com , .net , .org , dll.
2. SLD = Second Level Domain, yang biasa kita temui dengan extension .id , contoh : .web.id , .co.id , .net.id , dll.

Catatan : Khusus untuk SLD ini di indonesia saat ini di organisir oleh PANDI , yakni pengelola domain indonesia.

DNS
DNS (Domain Name System) adalah sebuah translasi antara nama domain dan ip address sehingga mengakibatkan situs anda bisa dilihat secara online.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu cara yang termudah dan teraman bagi anda untuk transfer file secara online di internet. Dengan menggunakan berbagai program FTP yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan anda, anda dapat transfer file anda dari komputer lokal anda ke web hosting account anda begitu juga sebaliknya.

IMAP
IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah sebuah metode pengaksesan e-mail atau newsgroup yang disimpan di dalam server. Dengan utilisasi IMAP anda dapat download e-mail anda atau posting newsgroup anda di lokal komputer , dan anda juga bisa mendapatkan copy original nya dari server.

MySQL
MySQL adalah sebuat basis data managemen system yang mempunyai peran menyimpan maupun mengoleksi data secara terstruktur. Basis data SQL umumnya digunakan untuk menyimpan informasi seperti posting forum, news stories, member data suatu web system anda, bukutamu / guestbook anda, survey, polling, dan sebagainya.

Nameservers
Nameservers (contoh: ns1.ardhosting.com dan ns2.ardhosting.com) adalah sebuah alamat , yang bisa diumpamakan seperti alamat rumah anda, dimana domain anda yang diumpamakan sebagai rumah anda. dimana rumah anda berada, maka alamat pula yang dibutuhkan sehingga rumah anda dapat ditemukan, begitu juga dengan domain anda. domain anda beralamatkan pada nameserver, yang contohnya seperti diatas tadi dan bervariasi bergantung dari provider hostingnya.

Propagation
Propagation atau propagasi , yang biasanya dipergunakan istilah propagasi dns, adalah sebuah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah setting DNS yang teregister pada internet dan menjadi aktif secara komplit.

POP
POP (Post Office Protocol) adalah sebuah standar Internet untuk inbound mail dari webhosting account anda. Teknologi POP ini mengijinkan anda untuk menerima e-mail dari webhosting anda di download ke lokal komputer anda melalui e-mail client atau yang bisa disebut juga sebagai software e-mail anda. salah satu contoh populer : outlook express.

SMTP
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah sebuah standar Internet untuk outbound mail dari webhosting account juga bisa disebut sebagai transportasi mail host-to-host. SMTP server berfungsi untuk mengatur e-mail keluar dari webhosting domain anda. Karakter dari SMTP adalah kebalikan dari POP sifatnya, apabila POP untuk menerima, SMTP untuk mengirim.

SSL
SSL (Secure Socket Layer) berfungsi untuk membuat sebuah link yang terenkripsi diantara website dan browser anda. Komunikasi ini menyajikan informasi yang akan terenkripsi dan terproteksi sehingga mencegah untuk manipulasi data. Webhosting yang menggunakan fasilitas ini normalnya membutuhkan sebuah dedicated ip, dan pemakai layanan ini dapat mengakses website nya dengan memanggil url "https://", yang juga bisa dikatakan sebagai konfirmasi bahwa saat ini anda mengakses website tersebut dengan secure area. Selain dedicated ip, ada juga yang diperlukan, yakni sebuah SSL license, yang bisa anda dapatkan di berbagai provider SSL , salah satu contohnya adalah : http://verisign.com .

Subdomain
A subdomain is an address which operates just below your top level address. Subdomains are easy to remember addresses that serve as extensions of your top level domain name. A subdomain looks like this: anything.mydomain.com
Subdomain adalah sebuah alamat yang dioperasikan dibawah top level alamat domain anda. Subdomain ini bisa anda ingat dengan mudah dikarenakan berada di bawah top level domain name anda. Sebagai contoh : support.ardhosting.com yang bisa diakses dengan url http://support.ardhosting.com dari browser. Top level domain adalah ardhosting.com dan subdomain berupa support. Sehingga nama penulisan menjadi [sub]+[.]+[top level domain]

URL
Sebuah URL (Uniform Resource Locator) adalah sebuah alamat web. yang dapat di ketik di browser anda.Dengan mengetik alamat "www.ardhosting.com" ke dalam address bar browser anda, anda akan dibawa pada halaman website kami ARDHOSTING.

Webmail
Webmail adalah salah satu fasilitas e-mail tambahan, yakni yang berupa sebuah alamat ip internet yang diasosiasikan dengan hosting account anda, dan juga berupa web interface untuk mengorganisir e-mail anda dengan tujuan anda tidak perlu mendownload e-mail anda ke lokal komputer anda.

WHM
WHM (WebHost Manager) adalah salah satu fitur dari provider cPanel yang berupa sebuah control panel yang mengijinkan anda untuk mengadministrasi banyak hosting domain Biasanya WHM ini dibutuhkan oleh para reseller hosting dengan berbagai domain yang berlokasi dalam satu server dan account shared dibawahnya berada pada kekuasaan reseller hosting tersebut.



Was this answer helpful?

Add to Favourites Add to Favourites    Print this Article Print this Article

Also Read